Jumat, 02 Juli 2021

Kebudayaan di Lingkungan Rumah

[TUGAS 2 DIKPUS 2021]

Moch Nabil Farras D
16020147
FMIPA - MA'20
074


Berdasarkan observasi yang saya lakukan selama ini, saya menemukan banyak sekali kebudayaan-kebudayaan di keluarga saya. Selain itu, kebudayaan-kebudayaan tersebut bersifat positif sehingga keluarga kami merupakan keluarga yang harmonis yang setiap anggotanya memiliki kepribadian yang positif. Beberapa kebudayaan yang paling sederhana namun sangat memiliki impact adalah kebudayaan gotong royong yang sejak lama diterapkan di keluarga kami.

Menurut KBBI, gotong royong didefinisikan sebagai bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bantu-membantu). Kebudayaan ini sudah ditanamkan di keluarga saya semenjak saya duduk di bangku TK. Sejak kecil, saya, kakak, dan adik saya sudah terbiasa untuk berbagi tugas dalam merapikan rumah. Mencuci baju, menjemur baju, mengangkat jemuran, menutup gorden rumah, mencuci piring, mengganti air galon, menyapu, dsb. merupakan hal yang sudah biasa bagi kami. Hal tersebut karena kedua orang tua kami merupakan seorang pekerja. Sehingga, beban yang perlu dilakukan oleh kedua orang tua kami ketika mereka pulang bekerja tidak terlalu berat. Selain itu, kebudayaan ini mengajarkan kami untuk hidup lebih teratur, menjaga hubungan baik antaranggota keluarga, berani berkorban untuk kepentingan dan kebaikan bersama, dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat kami petik dari kebudayaan ini.

Berdasarkan pemarapan tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa kebudayaan gotong royong merupakan bagian dari unsur kebudayaan "sistem kemasyarakatan" karena hal tersebut berkaitan dengan interaksi antarmanusia yang ada di lingkungan tersebut, yang pada hal ini lingkungannya adalah keluarga saya. Selain itu, kebudayaan gotong royong dapat ditelaah dalam aspek 3T (tatanan, tuntunan, dan tontonan). Sebagai tatanan, kebudayaan gotong royong menunjukkan bahwa masyarakat pada suatu lingkungan merupakan masyarakat yan senang membantu dan ramah kepada sesama. Sebagai tuntunan, kebudayaan gotong royong mengajarkan kami banyak hal seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Dan terakhir, sebagai tontonan, kebudayaan gotong royong merupakan salah satu kebudayaan yang menyejukkan hati siapa pun yang melihatnya, terutama pihak yang dibantu selama proses bantu-membantu tersebut.


#Mengbudaya

#KATITB2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Esensi Teknologi

 [TUGAS 3 DIKPUS 2021] Moch Nabil Farras D 16020147 FMIPA - MA'20 74 Teknologi. Suatu entitas yang membuat segala hal yang sebelumnya ha...